Sabtu, 30 Oktober 2010

SAP of Gunadarma University

SAP Gunadarma Online


Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Satuan Acara Perkuliahan (SAP) gunadarma, pertama tama saya akan menjelaskan tentang apa itu Satuan Acara Perkuliahan.

Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.
Setiap mata kuliah memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang merupakan penjabaran secara rinci rencana perkuliahan. SAP tersebut harus memuat unsur-unsur sebagai berikut :
  • Kode, nomor, dan nama mata kuliah.
  • Kedudukan mata kuliah (Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK))
  • Semester dan tahun mata kuliah tersebut diajarkan.
  • Bobot kredit.
  • Tujuan mata kuliah.
  • Mata Kuliah prasyarat (bilamana perlu).
  • Nama pengajar.
  • Waktu dan tempat kuliah
  • Rincian acara perkuliahan dan bahan bacaan wajib dan anjuran.
  • Cara mengevaluasi proses belajar-mengajar.
Fitur-fitur atau menu layanan pada SAP Gunadarma Online:
1. BAAK online :
Fitur ini berfungsi sebagai link yang apabila kita clik maka akan muncul home domain (http://baak.gunadarma.ac.id/) yang menampilkan tampilan BAAK news, kalender akademik perkuliahan, jadwal akademik, info mahasiswa, dll.

2. Halaman utama :
Sama seperti menu BAAK tadi, fitur ini berfungsi sebagai link yang apabila kita clik maka akan muncul home domain (http://sap.gunadarma.ac.id/ ).

3. Daftar SAP :
Pada fitur ini anda akan dapat melihat daftar-daftar Satuan Acara Perkuliahan dengan cara memilih fakultas dan jurusan pada daftar SAP tersebut. Anda juga dapat melihat info detail SAP tersebut seperti kode mata kuliah, nama mata kuliah, beserta deskripsinya dan anda juga dapat mendownload SAP tersebut.

Fasilitas searching SAP ini digunakan untuk mempercepat mencari SAP yang diinginkan dengan cara memasukan keyword mata kuliah yang diinginkan itu. Dengan fasilitas ini, para dosen dapat memasukkan keyword singkat mata kuliah untuk menampilkan daftar SAP-nya.

5. Daftar Koordinator :
Fasilitas ini memberi informasi tentang koordinator tiap-tiap mata kuliah atau bidang studi.

6.Back
Fitur ini berfungi mengembalikan ke domain yang terakhir kita lihat.

Kelebihan :
Kita dapat melihat dan mendownload satuan acara perkuliahan dengan mudah, dan sangat berguna dalam mengevaluasi proses belajar mengajar, karna SAP menjabarkan secara rinci rencana perkuliahan.

Kekurangan :
Tampilannya kurang menarik dan juga fitur-fiturnya kurang mendukung seperti fasilitas search SAP yang berfungsi kurang maksimal.

Link of SAP ONLINE:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar