Rabu, 27 November 2013

Analisis jurnal GCG



JUDUL JURNAL

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE BERDASARKAN CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX (CGPI) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA

1.1       LATAR BELAKANG
Penerapan prinsip GCG dalam dunia usaha di Indonesia merupakan tuntutan agar perusahaan-perusahaan yang ada jangan sampai terlindas oleh persaingan global yang semakin keras. Prinsip-prinsip GCG pada dasarnya memiliki tujuan untuk memberikan kemajuan terhadap kinerja suatu perusahaan. Berdasarkan prinsip-prinsip dasar dari GCG tersebut, maka para pelaku bisnis di Indonesia menyepakati penerapan GCG suatu system pengelolaan perusahaan yang baik.

1.2       VARIABEL DAN UKURAN DATA
Variable :
- independen : GCG
Skala pengukuran : ordinal
- Dependen : BOPO, CAR, LDR, ROA, ROE
Skala pengukuran : ordinal

1.3       DATA
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder berupa nilai pemeringkatan komposit corporate governance perception index (CGPI) 2007-2011 yang dikeluarkan oleh lembaga riset independen IICG dan laporan keuangan perusahaan perbankan yang diperoleh dari situs www.idx.co.id.  

1.4       ANALISIS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan linear variabel-variabelnya. Sehingga menggunakan metode statistic untuk menganalisisnya. Metode analisis tersebut adalah metode kuantitatif dengan menggunakan statistic dan pengujian data sebagai berikut:
1. Analisis Deskriptif
2. Uji Normalitas
3. Analisis Regresi Linear Sederhana

1.5       HASIL
Good corporate governance (GCG) berpengaruh pada beban operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO), capital adequacy ratio (CAR), return on asset (ROA), return on investment (ROE). Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan mampu menghasilkan laba bersih yang lebih tinggi dari aktivitas operasionalnya seperti meningkatkan laba bersih dalam perusahaan dan akan menjadikan perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang sehat maka akan mempengaruhi kesejahteraan pemegang saham dan akan menarik investor lain untuk menanamkan modalnya diperusahaan. Good corporate governance (GCG) tidak berpengaruh terhadap loan to deposit ratio (LDR). Hal ini kemungkinan disebabkan karena perbankan nasional pernah mengalami kemerosotan dengan jumlah nilai kredit yang dikeluarkan dari system perbankan di satu sisi dan semakin meningkatnya dana pihak ketiga yang masuk keperbankan.

PENDAPAT
Jurnal ini cukup baik,dimana pada jurnal ini di jelaskan dengan singkat materi penelitian sampai pembahasan dengan jelas walaupun tidak semua pembahasan dalam penilitian ini di tuangkan pada jurnal ini..

1 komentar:

  1. permisi, bolehkah saya minta jurnal tersebut secara lengkap?
    karena jurnal tersebut ingin saya jadikan referensi dalam skripsi saya.
    terimakasih atas bantuanya.

    BalasHapus