Minggu, 17 April 2011

Investasi

BAGAIMANA CARA BERINVESTASI ?
Sisihkan Rp. 200.000,- saat ini?
Kedengarannya memang sedikit, namun anda dapat menggunakannya untuk membeli saham pada Intel, Johnson & Johnson, atau Harley Davidson. Dan masih ada ribuan pilihan lainnya. Bagaimana jika anda memiliki Rp. 1.000.000,- — atau Rp. 10.000.000,-? Tentu pilahan anda akan semakin banyak.
Kami tidak akan memberikan informasi dimana anda harus berinvestasi. Kami tidak akan menampilkan sederet nama. Namun, kami hanya akan memberikan informasi bagaimana cara anda berinvestasi — proses menginvestasikan uang dalam jumlah kecil, besar, dan sedang. Kami juga akan membantu anda memilih agen investasi yang tepat.

Bagaimana cara menginvestasikan Rp. 200.000,-
Mari kita mulai dengan Rp. 200.000,-. Kami asumsikan anda telah membayar seluruh tanggungan anda dan anda memiliki sisa uang yang disimpan pada tempat yang aman (seperti tabungan) yang dapat sewaktu-waktu diambil. Saat ini anda mulai berpikir untuk mulai berinvestasi demi masa depan anda.
Apakah layak menginvestasikan uang sejumlah itu?
Tentu saja iya! Salah satu cara terbaik untuk menginvestasikan uang dengan jumlah kecil adalah melalui Dividend Reinvestment Plans (DRPs), yang sering disebut Drips. Mereka dan sejenisnya, Direct Stock Purchase Plans (DSPs), memberi anda kesempatan untuk membeli saham secara langsung dari agen-agen mereka.
Lebih dari 1000 perusahaan menawarkan perencanaan saham yang serupa, beberapa diantaranya gratis, atau dengan biaya yang sangat rendah sehingga masih terbuka peluang untuk berinvestasi Rp. 200.000,- atau Rp. 300.000,-. Drips sangat sesuai bagi mereka yang tertarik pada investasi jumlah kecil dan akan sering melakukan pembelian. Sekali anda berencana, maka secara otomatis anda telah merancang pembayaran, dan anda tidak perlu membeli saham penuh.
Drips membuka peluang kepastian, kestabilan dalam mempersiapkan kesuksesan jangka panjang (pastikan anda memiliki catatan pajak yang baik). Untuk informasi lebih lanjut tentang Drips, simaklah “Bagaimana kalau saya hanya dapat berinvestasi dalam jumlah kecil setiap bulan?â€

Bagaimana cara menginvestasikan jutaan rupiah
Anda telah menghasilkan uang jutaan rupiah. Dari pada menghabiskannya sia-sia, lebih baik anda berinvestasi pada dana indeks (salah satu yang sangat menguntungkan). Dana indeks S&P 500 merupakan tiket investasi yang menjanjikan keuntungan 10% setiap tahun.
Beberapa dana indeks mengharuskan investasi setidaknya Rp. 2.500.000,- untuk dikatakan sebagai pemilik. Batas minimal ini disesuaikan dengan Tabungan Pensiunan. Setelah investasi pertama, anda dapat meningkatkan jumlah investasi sesuai kehendak anda, sesering mungkin, tanpa biaya atau komisi tambahan. Anda membeli dana indeks langsung dari perusahaan, jadi anda tidak perlu membayar perantara.  
Jika anda memiliki beberapa juta rupiah, maka anda dapat melakukan langkah yang baik, dengan biaya yang sedikit, anda dapat mendaftar di 500 perusahaan!

Bagaimana cara menginvestasikan Rp. 5.000.000,-
Ketika anda memiliki dana lebih dari Rp. 5.000.000,-, peluang anda untuk berinvestasi menjadi lebih besar. Anda masih dapat membeli dana indeks, dan saat ini anda dapat bergabung dengan perusahaan investasi yang lebih besar. Anda memiliki keleluasaan untuk berinvestasi dengan rasio biaya yang paling rendah.
Anda juga harus mempertimbangkan untuk membuka rekening saham diskon secara matang. Anda akan fokus mencari pilihan rekening yang paling sesuai; beberapa rekening hanya mengharuskan setoran awal yang ringan, dan beberapa yang lain tidak. Ini berarti anda dapat membuka rekening bahkan dengan dana yang minim, dan mulai mencari dan mungkin membeli saham beberapa perusahaan pribadi (atau jika anda tertarik dengan investasi indeks, anda dapat berinvestasi pada Spiders, serupa dengan S&P 500.
Kuncinya adalah jangan sampai biaya investasi melebihi 2% dari nilai transaksi anda. Jika anda berencana melakukan investasi beberapa kali dalam satu bulan, Drip atau dana indeks adalah yang paling sesuai.

Bagaimana cara menginvestasikan Rp. 10.000.000,- atau lebih
Apa yang akan anda lakukan? Tentu saja, dengan memiliki Rp. 10.000.000,-, anda dapat membuka rekening saham diskon, namun anda akan mendapatkan keuntungan berlipat jika anda berinvestasi Rp. 10.000.000,- lagi dalam setahun.
Misalkan anda pensiun 40 tahun lagi. Jika anda mulai berinvestasi mulai dari 10.000.000,- dan berinvestasi lagi 10.000.000,- setiap tahun, dan investasi anda menghasilkan 10% per tahun, kemudian anda pensiun pada usia 65 tahun, anda akan menghasilkan Rp. 5.321.110.700,-. Jumlah tersebut memang layak bagi kita. Anda memiliki penghasilan tetap, dan anda tidak perlu membayar pajak atas penghasilan Rp. 5.321.110.700,- tersebut ketika anda mencairkannya.
Sekali lagi, kuncinya adalah jangan memilih investasi dengan beban biaya yang lama kelamaan akan mengurangi investasi anda. Pastikan keseluruhan biaya (termasuk komisi, segel, dan buku-buku yang memberikan pemahaman tentang investasi) tidak lebih dari 2% dana yang anda investasikan. Dengan  jumlah yang sedikit, namun dengan komisi yang ditawarkan, semuanya menjadi masuk akal.

(http://yoursecondfifty.com/indonesia/?p=903)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar